Tips Membeli Perhiasan Mutiara

Tuesday, October 16th, 2018 - Info Perhiasan

Tips membeli perhiasan mutiara ada beberapa hal yang perlu kita ketahui. Dalam membeli perhiasan mutiara kita harus mengenal perihal perhiasan mutiara tersebut terutama dari sisi bahan perhiasan mutiara tersebut. Hal ini penting untuk kita perhatikan mengingat banyaknya jenis perhiasan mutiara yang dipasarkan dari harga yang murah hingga perhiasan mutiara dengan harga mahal.

Tips Membeli Perhiasan Mutiara

Tips Membeli Perhiasan MutiaraSaat ini, kebanyakan mutiara yang beredar di pasaran merupakan mutiara palsu atau tidak alami. Dimana mutiara tidak terbentuk secara alami atau hasil dari budidaya mutiara. Berikut beberapa informasi penting lainnya terkait dengan mutiara.

Mengenal Mutiara

Mutiara termasuk dalam kategori batu permata organik. Disebut sebagai batu permata organik karena mutiara tercipta dari sebuah makhluk hidup. Jadi, setiap mutiara berawal dari sebutir pasir yang memasuki tubuh seekor tiram atau kerang yang berada di dasar laut. Proses ini terjadi secara alami selama bertahun-tahun hingga menghasilkan sebuah mutiara yang cantik.

Cara Mengetahui Mutiara Asli

Hal pertama untuk mengetahui apakah mutiara tersebut asli atau tidak adalah dengan mengetahui mutiara tersebut lebih dalam (mempelajari tentang mutiara). Untuk mengetahui apakah mutiara tersebut asli atau palsu adalah dengan mencari ketidaksempurnaan kecil dari mutiara tersebut. Mutiara asli jarang sekali berbentuk ‘sempurna’. Umumnya mutiara akan memiliki noda kecil atau penyimpangan bentuk (bisa lonjong atau tidak berbentuk bulat sempurna).

Jenis Mutiara

1. Mutiara Alami

Mutiara asli akan terbentuk secara alami. Mutiara sendiri terbentuk dari benda keras yang dihasilkan dari tiram atau moluska. Moluska tersebut kemudian membentuk kalsium karbonat yang menghasilkan bulatan kecil yang disebut mutiara. Mutiara tersebut akan berkembang selama bertahun-tahun di dalam sebuah kerang tiram yang umumnya berada di dasar laut. Selain itu, mutiara alami umumnya selalu dianggap sebagai mutiara alam yang langka dan memiliki harga mahal.

2. Mutiara Budidaya

Sama halnya dengan mutiara alam, mutiara budidaya tumbuh di dalam kerang tiram(moluska), namun dengan campur tangan manusia. Sebuah objek dimasukkan ke dalam cangkang kerang  dengan sangat hati-hati, bentuk objek tersebut sangat bervariasi tergantung bentuk mutiara seperti apa yang diinginkan nantinya. Tak jarang mutiara yang belum jadi tersebut dilapisi oleh lapisan luar mutiara.

3. Mutiara Air Asin

Mutiara air asin berasal dari moluska air asin, selain itu mutiara ini dapat terbentuk karena alam ataupun budidaya.

4. Mutiara Air Tawar

Sama halnya dengan mutiara air asin, mutiara air tawar terbentuk dari moluska air tawar, seperti di danau atau sungai. Hampir semua mutiara air tawar selalu hasil dari budidaya.

Klasifikasi Bentuk Mutiara

  • Mutiara bentuk bulat, adalah bentuk mutiara pada umumnya. Mutiara berbentuk bulat umumnya memiliki harga yang mahal, terlebih lagi jika mutiara tersebut asli atau bukan hasil dari budidaya.
  • Mutiara bentuk simetris, mutiara ini memiliki bentuk seperti pir atau bentuk lainnya yang tidak bulat.
  • Mutiara bentuk barok (baroque), mutiara ini memiliki bentuk yang tidak teratur. Kategori mutiara bentuk barok ini merupakan mutiara yang paling mahal karena biasanya memiliki bentuk yang unik dan sangat indah. Mutiara bentuk barok alami banyak digunakan untuk perhiasan-perhiasan antik.

Kami harap informasi tentang “Tips Membeli Perhiasan Mutiara” diatas dapat menjadi refersni kita dalam membeli perhiasan mutiara.